Apa itu insomnia, apa penyebab insomnia dan bagaimana cara mengobati insomnia? Insomnia adalah gangguan tidur yang biasanya dialami oleh orang dewasa. Gejalanya seperti mata susah terpejam, bangun berkali-kali, dan tentunya susah tidur. Insomnia bukan sebuah penyakit, tetapi gangguan yang terjadi karena faktor psikis, fisik, dan kebiasaan. Banyak sekali dampak negatif dari insomnia seperti gangguan konsentrasi, sampai meningkatkan resiko serangan jantung. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini.

 Cara Mengatasi Insomnia
  • Rajin berolahraga. Dengan melakukan aktivitas olahraga secara rutin, dapat membakar kalori dan membuat tubuh menjadi bugar. Efeknya pada saat malam hari tubuh akan memberikan sinyal untuk istirahat yaitu rasa kantuk. Dengan begitu kita akan tidur nyenyak. Olahraga yang dianjurkan adalah yoga dan tai chi.
  • Hindari tidur siang. Jika Anda mengalami gangguan susah tidur, sebaiknya hindari tidur siang. Karena akan membuat Anda susah tidur pada malam hari.
  • Matikan lampu kamar. Lampu yang terang akan membuat Anda susah tidur, karena retina pada mata memiliki sel yang sangat peka terhadap cahaya.
  • Jangan merokok. Merokok dapat menyebabkan penyumbatan aliran pernafasan pada saat tidur sehingga tidur akan akan terganggu. Ciri-cirinya adaah mendengkur teralu keras dan bangun tidur dengan terengah-engah. Sebaiknya hindari merokok.
  • Gunakan bantal yang tepat. Tidur yang berkualitas adalah tidur dengan nyaman. Untuk bisa tidur dengan nyaman tentunya harus menggunakan alas tidur atau bantal yang tepat. Dengan begitu Anda akan terbebas dari sakit leher atau pegal saat bangun tidur.

Cobalah praktekkan cara mengatasi insomniadiatas secara rutin bagi Anda yang mengalami gangguan tidur atau susah tidur. Dengan tidur yang nyenyak akan meningkatkan kualitas hidup Anda. Aktivitas kerja menjadi lebih produktif, tidak loyo dan tentunya lebih bersemangat. Selamat mencoba!