Anda penyuka jus? Coba variasikan jus anda dengan jus yang satu ini. Dijamin anda akan mendapatkan kesegaran jus dan tambahan manfaat kesehatan.

Jus apa sich, koq kayaknya menarik untuk dicoba. Jus kulit manggis….ach yang bener, masak kulit manggis dijus, kulit manggis khan sepatrasanya, mana enak, nggak salah bacakah ini. Tidak anda tidak sedang salah baca, saya memang ingin mengajak anda untuk mencoba mengkonsumsi kulit manggis dalam bentuk jus kulit manggis yang diklaim mempunyai banyak manfaat kesehatan. Silahkan baca tulisan lain tentang manfaat kulit manggis dan ragam buah manggis.

Kami mulai membiasakan diri minum jus segelas sehari, sehingga agar kebutuhan aneka vitamin terpenuhi ragam jusnya selalu dirubah agar tidak bosan, selain dibiasakan bikin jus yang tidak dijual diluar alias sekali ngejus bisa dengan mencampur 3-4 macam buah sekaligus.

Bagaimana cara membuat jus kulit manggis?

Aku akan berbagi resep untuk membuat jus kulit manggis, yang mungkin untuk orang tertentu bisa dikatakan konyol, tapi no problem yang penting aku enjoy it, dan kuperoleh manfaatnya.

  1. Kulit manggis dikerok bagian dalamnya dengan sendok lalu dijus. Ambil 1-3 buah kulit manggis, kerok lalu diblender/juicer. Agar manis tambahkan madu secukupnya (gunakan madu, jangan gula karena madu merupakan pemanis alami). Semakin banyak kulit manggis yang dipakai semakin pekat hasilnya dan rasanyapun juga sepat. Tetapi kalau kena bagian yang hitam atau getah kuning jusnya akan ada rasa pahit.
  2. Kulit manggis direbus, air rebusannya digunakan untuk membuat jus. Kalau tidak ingin rasa terlalu pekat dengan kulit manggis segar, maka bisa dengan cara merebusnya lalu gunakan air rebusan untuk ngejus. Ambil 3-5 kulit buah manggis rebus dengan 6 gelas air hingga tinggal 3 gelas air. Gunakan air untuk ngejus buah kesukaaan anda, air yang digunakan disesuaikan dengan tingkat keenceran jus yang dikehendaki. Sisa air rebusan bisa diminum sebagai wedang  bisa disimpan dikulkas dan dipakai hari berikutnya. Beberapa herbalis memberikan resep pengobatan dengan menggunakan air rebusan kulit manggis ini untuk langsung diminum 2-3 kali sehari dengan ditambahkan madu secukupnya.
  3. Dikeringkan dan direbus. Untuk menghindari kekurangan kulit manggis karena sudah lewat musin sehingga tidak ada lagi dipasar, maka kulit manggis bisa diiris-iris lalu dikeringkan dengan dijemur. Karena sekarang juga musim hujan, maka cermati tingkat kekeringan dan kemungkinan tumbuhnya jamur pada kulit manggis yang belum-belum benar kering dijemur. Setelah kering simpan ditempat kering agar tahan lama. Cara membuat jusnya, ambil kulit manggis kering segenggam, cuci bersih lalu direbus, airnya digunakan untuk membuat jus seperti cara ke 2 diatas.
  4. Dikeringkan dan ditumbuk. Cara keempat ini juga digunakan untuk mengantisipasi kekurangan kulit manggis karena sudah tidak musim buah manggis. Bedanya kalau yang ketiga setelah dikeringkan direbus lalu airnya untuk ngejus, yang ke empat ini setelah dikeringkan kemudian ditumbuk. Serbuk kulit manggis inilah yang dipakai untuk ngejus, tentu saja dengan tambahan buah lainnya.
  5. Kulit dan buah manggis dijus. Nach cara terakhir ini tidak hanya kulit manggisnya saja yang dijus, tetapi seluruh buah manggisnya kecuali tangkai dan kelopak manggis. Ambil 1-2 manggis, dicuci, dibelah, masukkan seluruh buah manggis (biji dan kulitnya), kulit manggisnya sebaiknya diiris atau disobek-sobek dulu biar memudahkan untuk diblender/dijus, tambahkan madu atau gula aren secukupnya.

Nach itu lima cara mengkonsumsi jus kulit manggis, silahkan pilih cara yang paling sesuai dengan selera masing-masing. Gampang khan?

Silahkan juga berimprovisasi dengan kuantitas kulit manggis yang dipakai ataupun ragam keenceran dan tingkat kemanisan rasa jusnya, semua tergantung selera.

Salam sehat.